Gerakan Senam Hamil – Senam Ibu Hamil – dvd senam hamil – 085749502032

Gerakan senam Hamil tentu bertujuan agar Ibu Hamil tetap Sehat dan bugar. Sehingga banyak gerakan senam hamil. Namun tidak dipungkiri, tidak jarang ibu hamil malas atau memiliki kondisi buruk untuk beraktifitas. Bahkan untuk sekedar mengerjakan pekerjaan rumah apalagi melakukan senam. Namun karena senam hamil akan memberikan manfaat yang sangat besar, sebaiknya anda mulai melakukan senam hamil yang sederhana di usia kehamilan 28-30 minggu.

Adapun contoh gerakan Senam Hamil paling sederhana untuk Menjaga Kesehatan Ibu Hamil, yang bisa anda lakukan adalah:

  • Lakukan duduk bersila dan tegak dengan posisi kedua lengan mengarah ke depan dan lakukan dengan rileks. Lakukan gerakan senam sesering mungkin dalam satu hari.
  • Gerakan merangkak pertama untuk senam hamil, bisa dilakukan dengan; tundukan kepala lihat bagian perut, angkat pinggang sambil mengempiskan perut dan disertai mengerutkan dubur. Setelah itu turunkan pinggang dengan mengangkat kepala sambil melemaskan otot-otot dinding perut dan otot dasar panggul. Lakukan Gerakan Senam Hamil paling Sederhana ini delapan kali dalam satu waktu.
  • Gerakan merangkak kedua, dilakukan dengan meletakan kepala di antara kedua tangan lalu menoleh ke kiri dan kanan. Turunkan badan sehingga dada menyentuh lantai dengan cara menggeser siku sejauh mungkin ke samping badan anda. pertahankan posisi tersebut selama satu menit.
  • untuk senam hamil Berbaringlah miring ke arah kiri, letakan lutut kanan di atas lutut kiri (lebih baik diganjal bantal). Tekuk Lutut kanan sampai di depan lutut kiri (sebaiknya juga diganjal bantal). Tekuk Lengan kanan ke depan sedangkan lengan kiri di tekuk ke belakang badan.
  • Berbaring miring dengan kedua lutut dan kedua lengan ditekuk. Bagian bawah kepala dan perut sebaiknya di beri bantal agar perut tidak menggantung. Lakukan dengan Tenang dan atur pernapasan secara berirama.
  • Gerakan Senam Hamil paling Sederhana yang keenam, adalah dengan berbaring telentang dengan kedua lutut dipegang tangan dan lakukan secara rileks. Setelah itu tarik napas melalui mulut secara maksimal, kemudian tutup mulut lalu mengejan. Gerakan adalah dengan ke bawah badan dan ke depan. Keluarkan nafas secara berlahan, dan lakukan latihan ini 3-4 kali dengan jeda 2 menit.

Selain 6 Gerakan Senam Hamil Sederhana seperti diatas, ada beberapa gerakan senam ibu Hamil yang dapat melatih otot, seperti otot betis, yang dapat mencegah kejang betis, latihan otot pantat untuk menghindari wasir, sampai gerakan senam yang berfungsi untuk mencegah posisi bayi sungsang (posisi bayi benar menghadap ke jalan lahir). Hal ini akan mengurangi resiko persalinan Caesar yang tentu sangat merugikan kondisi wanita.

Ringkasan:

    • Gerakan Senam Hamil paling Sederhana disarankan untuk Ibu Hamil yang mempunyai kondisi tubuh tidak fit,
    • Gerakan Senam Ibu Hamil menghindarkan dari posisi bayi sungsang.

sumber : tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s