Dukungan Suami Saat Istri Hamil | DVD Senam Hamil | 085749502032

Dukungan Suami saat Istri Hamil harus dilakukan, dengan tujuan untuk meringankan beban psikis saat istri hamil. Hal ini juga merupakan salah satu kunci agar ibu hamil merasa nyaman dan mampu memelihara energi positif. Adapun beberapa Dukungan Suami untuk Istri yang sedang hamil adalah sebagai berikut:

  • Bersama dengan Istri menyusun rencana Kehamilan dan persalinan, terutama masalah pemilihan dokter untuk pemeriksaan kehamilan dan tempat proses persalinan. Hal ini termasuk mempersiapkan dana untuk persalinan dengan kemungkinan proses persalinan dengan Operasi Caesar.
  • Tidak merokok , meski sebelumnya merupakan perokok berat juga sebaiknya dilakukan. Hal ini dikarenakan kandungan nikotin dalam rokok dapat memicu efek negative untuk janin, karena dapat menyebabkan kelahiran dengan berat bedan rendah dan masalah kesehatan yang lain.
  • Memperhatikan makanan Ibu Hamil, memang sebaiknya dilakukan suami. Pastikan anda memberikan uang belanja yang cukup untuk meningkatkan gizi istri anda saat hamil ingatkan istri anda untuk mengkonsumi asam folat  400 mikrogram per hari yang bisa didapatkan dari susu ibu hamil atau suplemen, disertai konsumsi sayuran hijau seperti brokoli, kacang-kacangan, bayam, dan hati.
  • Mengingatkan untuk istirahat yang cukup kepada istri saat hamil. Hal ini dikarenakan jam biologis yang berubah dapat memengaruhi produksi hormon yang otomatis akan memengaruhi janin. Beberapa ibu hamil mengalami sulit tidur baik itu malam atau siang hari.
  • Mengajak berolahraga, agar istri anda teta sehat, bugar, serta metabolisme tubuh berjalan baik dan otot-otot tetap terlatih. Dengan menemani istri anda saat berjalan kaki, berenang, yoga, senam hamil dan lainnya maka semangatnya akan bertambah.
  • Berempati saat Istri Hamil mengalami mual dan muntah dengan membuatkan teh hangat, mengupaskan jeruk, dan cara lain yang bisa mengurangi mual saat hamil.
  • Bijak menyikapi perilaku mengidam dengan menuruti atau memberikan pengertian secara baik-baik apabila mengidamnya berlebihan, agar istri anda tidak emosi.
  • Mendampingi saat periksa kehamilan, bertujuan untuk memberikan dukungan dan perhatian pada ibu hami, mengetahui pertumbuhan janin, mengetahui gejala yang mungkin dialami istri, dan apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kondisi istri yang sedang hamil. Anda sebagai suami juga bisa membantu istri menyiapkan pertanyaan mengenai kehamilan agar tidak lupa atau terlewat saat konsultasi dengan bidan atau dokter.
  • Membantu menstimulasi janin, dengan cara mengajak bicara janin, memperdengarkan musik atau nyanyian, membacakan cerita, menepuk-nepuk dan mengelus-elus perut istri lembut serta cara stimulasi yang aman lainnya.
  • Memijat Istri hamil yang dilakukan oleh suami dapat menurunkan resiko depresi, kecemasan, nyeri serta perasaan negatif saat hamil terutama saat proses menjelang persalinan.
  • Mendampingi saat persalinan, memungkinkan anda sebagai suami memotivasi dan menguatkan istri agar proses persalinan berjalan lancar dan mengurangi rasa takut dan sakit kepada istri.

Ringkasan:

  • Dukungan Suami saat Istri Hamil bisa dilakukan berupa materi, motivasi, perhatian dan tindakan langsung berupa fisik,
  • Suami mendapingi istri saat pemeriksaan rutin kehamilan dapat diartikan sebagai dukungan dan kasih sayang terhadap istri dan janin,
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s