video dan Cara Senam Kehamilan yang Baik

Senam hamil amat dianjurkan pada wanita hamil agar saat melahirkan tiba dapat dijalani ‘lebih mulus’. Nah, salah satu senam hamil yang sekarang banyak diperbincangkan adalah Metode Pilates.
Menurut Joseph Pilates, pencipta 34 gerakan dasar senam sejak tahun 1920, terdapat delapanprinsip utama di dalamnya, meliputi konsentrasi, pernapasan, pemusatan gerakan, kontrol gerakan, presisi dalam melakukan gerakan, isolasi terhadap otot yang dilatih dan rutinitas.

Nah, senam hamil Metode Pilates dianjurkan sejak kehamilan berusia trimester pertama alias 1-3 bulan. Meski tampaknya mudah dilakukan, namun ibu hamil harus dibantu oleh pelatih agar tak melakukan salah gerakan.

Kenapa demikian? Tak lain gerakan senam Pilates harus benar sedari awal. Tidak lucu juga jika Anda mencoba-coba sendiri, yang akhirnya malah keterusan (salahnya).

Jika ditanya, apa sih sebenarnya manfaat dari senam Pilates? Tak lain untuk mendapatkan kekuatan dan kelenturan tubuh serta melatih pernapasan. Senam Pilates juga dapat memperbaiki tubuh dan pikiran, melancarkan peredaran darah, membuat lebih rileks dan fleksibel. Bosnusnya selain bentuk tubuh menjadi lebih baik, badan juga menjadi bugar.

Bagi ibu hamil, manfaat utama melakukan senam Pilates adalah untuk memperkuat otot-otot dan sendi, terutama otot bagian perut dan dekat tulang punggung. Makanya disarankan untuk mulai melakukan sejak kehamilan usia muda.

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari senam Pilates, latihan ini harus dilakukan rutin. Dari gerakan yang sederhana hingga meningkat terus tingkat kesulitannya hingga usia kehamilan lanjut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s