Senam Aerobik Air Bagi Ibu Hamil

Banyak cara dilakukan untuk membantu para ibu melalui proses persalinan alami. Mulai dengan yoga, senam kehamilan sampai latihan pernafasan. Cara lain yang efektif membantu kaum ibu saat persalinan normal adalah dengan rutin melakukan water aerobics alias senam aerobic di dalam air.

Dengan ini, tubuh dipersiapkan untuk proses persalinan dengan membantu mengurangi rasa sakit. Memang, rasa sakit yang ditimbulkan saat melakukan persalinan alami cenderung berbeda untuk setiap orang. Tetapi jika dianalogikan dengan angka 1-10 maka rata-rata para wanita yang bersalin normal akan mengalami tingkat kesakitan di angka 8.

Dengan rutin melakukan water aerobics ini, otot panggul, rahim dan tubuh bagian bawah terlatih dengan baik. Hal ini membuat otot menjadi lebih lentur dan kondisi ini tentu sangat membantu saat proses persalinan normal. Tahun 2008 lalu dalam sebuah penelitian di Brasil, 71 responden mengaku dapat menahan rasa sakit yang timbul karena rutin melakukan water aerobics selama tiga bulan sebelum persalinan.

Dengan mengikuti senam selama tiga kali seminggu, para responden itu tidak memerlukan obat pengurang rasa sakit saat melahirkan. Bagi para ibu yang akan melahirkan, tidak ada salahnya mencoba hal yang satu ini. Di Jakarta, sudah banyak kelas water aerobics untuk ibu hamil. Namun sebaiknya, konsultasikan dengan dokter kandungan anda untuk lebih mengetahui manfaat dan kegunaannya bagi anda.

Manfaat Senam Aerobik Air Bagi Ibu Hamil :

Hampir setiap wanita ingin memiliki anak, tapi kebanyakan merasa takut untuk menjalani proses persalinan. Tapi wanita yang sering melakukan aerobik air selama kehamilan dapat meringankan rasa sakit saat melahirkan.

Ilmuwan Brazil telah menemukan bahwa mengambil kelas aerobik air atau aqua aerobics selama kehamilan dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit dan mempercepat proses persalinan secara keseluruhan.

Para ilmuwan dari University of Campinas, Sao Paulo, melakukan studi yang menguji 71 orang ibu hamil. Setengah dari partisipan mengikuti sesi latihan aerobik air selama 50 menit di kolam renang tiga kali seminggu.

Hasilnya, 73 persen partisipan yang mengikuti aerobik air tidak memerlukan obat penghilang rasa sakit atau analgesik selama persalinan.

“Ini menunjukkan bahwa aerobik air bisa membuat wanita pada kondisi psikofisik yang lebih baik,” ujar Rosa Pereira dari University of Campinas, seperti dilansir dari Dailymail.

Aerobik air dan berenang dianggap sebagai jenis olahraga kebugaran yang paling tepat untuk periode kehamilan. Air menghilangkan tekanan pada tulang, sendi dan ligamen serta memberikan tekanan optimal pada otot-otot dan sistem kardiovaskular wanita hamil.

Selain itu, olahraga air juga membantu menghilangkan stres dan belajar bagaimana bernapas secara ritmis, sehingga mempersiapkan napas wanita saat persalinan.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s